Mengapa Masyarakat Korea Menggunakan Sumpit Logam?

0
Image by photobucket

S

eperti yang sudah diketahui sumpit banyak digunakan di negara Asia seperti China, Jepang, Taiwan, Korea, Kamboja, Laos, Nepal, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Di setiap negara sumpit memiliki ukuran yang berbeda-beda, dan biasanya sumpit terbuat dari bambu, kayu atau plastik. Tapi mengapa Korea Selatan menggunakan logam sebagai bahan untuk membuat sumpit?

Image by halookorea

Sumpit atau yang bisa dibilang sujeo memiliki bentuk persegi panjang yang datar, sedangkan sendoknya memiliki panjang yang sama namun memiliki cekungan yang lebih lebar daripada sendok di Indonesia.

Di masa lalu, bahan untuk membuat sujeo bervariasi, sesuai dengan kelas sosial. Sujeo yang digunakan di istana dibuat dengan emas, perak, cloisonné dan sebagainya, sementara masyarakat biasa akan menggunakan bahan dari kuningan atau kayu.

Alasan kenapa sujeo untuk istana dibuat dari bahan-bahan tersebut ialah untuk melindungi diri dari racun yang bisa saja dimasukan musuh kedalam makanan mereka. Bahan-bahan tersebut terutama perak, dipilih karena perak akan berubah warna jika besentuhan dengan bahan kimia. Karena ingin mengikuti sujeo di istana, masyarakat biasa akhirnya menggunakan logam sebagai bahan untuk membuat sujeo.

Namun di zaman yang modern ini sujeo biasanya terbuat dari stainless steel, meski sujeo dari logam juga masih populer untuk setting makanan yang lebih tradisional. (kv/he)

Write : K-Vibes.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here